Langsung ke konten utama

Kontribusi Sosial Media Terhadap Ilmu Pengetahuan


Media sosial memberikan kontribusi babak baru dalam peradaban ilmu pengetahuan. Ilmu Pengetahuan tidak lagi menjadi monopoli para pemikir atau ilmuan di institusi keilmuan, tetapi semua orang yang ikut terkoneksi dalam jejaring sosial global pun bisa memberikan sumbangsih sekaligus menikmatinya.Bagi anda yang mempunyai bisnis online dan tidak ada waktu untuk mengelola media sosial bisnia anda melalui jasa pengelola media sosial bisa memudahkan anda.  Dengan hadirnya beragam jenis media sosial dengan segala karakternya, memberikan dampak keefektifan dan keefisianan waktu, tidak perlu kopi darat untuk menuangkan ide dan berdiskusi panjang lebar tanpa batasan waktu dan jarak, cukup dengan PC atau smartphone (Kamil, 2014).

Media sosial atau medsos seakan telah mengubah wajah jurnalistik. Jurnalisme penuh akurasi dan tahapan berganti dengan jurnalisme serba cepat tanpa memperdulikan sumber berita dan akurasi berita. Medsos seakan telah menggusur “kemampuan jurnalisme” dengan wajah dan gayanya. Setiap orang dapat membuat akun medsos dan menggunakannya sebagai alat menyampaikan berita. Orang merasa tergugah dengan ketinggalan berita sehingga merekapun ikut berpartisiapsi menjadi pengabar berita dengan akun yang dimiliki. Terus bersambung dan ini menjadi berkembang nyaris menjadi trending seluruh masyarakat atau rakyat ikut andil dalam menyebarkan berita (citizen jurnalism).

Tentunya kesadaran akan pentingnya informasi menjadi hal yang menarik untuk dikaji. Tentu ada hal positif dan negatif, namun itulah yang membuat menarik dan orang pun menjadi serasa butuh. Untuk memudahkan mengelola medsos perusahaan atau bisnis anda,bisa menggunakan jasa pengelola media sosial.Sebuah ciri khas dari medsos yang telah mendorong perubahan perilaku sosial sekarang ini karena berita tersebut bersifat langsung (real-time), interaktif, berita terdokumentasi dengan baik, dan sebagai pengelola media dapat langsung berperan sebagai jurnalis, editor, pemimpin redaksi dan distributor sekaligus menjadi feedbacker dari sebuah berita (Widada, 2017).

Budaya siber (cyberculture) adalah praktik sosial maupun nilai-nilai dari komunikasi dan interaksi antar pengguna yang muncul di ruang siber dari hubungan antar manusia dan teknologi maupun antar manusia dengan perantara teknologi. Budaya itu diproduksi, didistribusikan, dan dikonsumsi melalui jaringan internet dan jaringan yang terbentuk antar pengguna. Media sosial (medsos) merupakan ruang terjadinya interaksi tersebut (Nasrullah, 2015). Salah satu kelebihan yang diberikan oleh media sosial adalah kemudahan untuk mempertemukan sekumpulan orang dengan minat yang sama. Tidak peduli seberapa spesifik pun hobi yang dicari, saat ini sudah cukup banyak komunitas yang berkembang dengan bantuan media sosial. Misalnya Facebook Groups, Linkedin Groups, dan Google+ communities.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alasan Apliakasi Keungan Begitu Penting

Dalam pembuatan laporan keuangan, penulisan secara manual bisa saja Anda lakukan untuk bisnis skala kecil. Namun bagaimana jika Anda menginginkan bisnis Anda tumbuh dan tentu saja memiliki jumlah transaksi yang besar, apakah laporan keuangan masih mungkin Anda lakukan secara manual? Tentu saja tidak mungkin, karena membuat laporan semacam ini akan memakan banyak waktu dan tenaga. Selain itu, resiko pencatatan ganda juga dapat terjadi, yang akan berakibat salah perhitungan sehingga menyebabkan kerugian. Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi, jasa pembuatan aplikasi keuangan akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk menjawab permasalahan ini, Anda dapat menggunakan aplikasi keuangan dalam bisnis Anda. Berikut pentingnya menggunakan aplikasi keuangan yang perlu Anda ketahui.

1. Memiliki Fitur Untuk Membuat Invoice yang Akurat
Pembuatan invoice secara manual dapat dikatakan Anda akan melakukan dua kal…

Penilitian Untuk Mengembangan Sistem Inventory Barang

Pada era modern ini, kebutuhan hidup manusia semakin kompleks. Salah satu penunjang untuk pemenuhan kebutuhan tersebut adalah adanya persediaan terhadap suatu barang. Persediaan barang dalam suatu kegiatan transaksi sangat berpengaruh pada tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan dari suatu tempat perbelanjaan. Menggunakan aplikasi sistem inventory akan memudahkan Anda mengelola stok barang perusahaan Anda, apabila ingin membuat aplikasinya sekarang sudah ada jasa pembuatan software inventoryuntuk kebutuhan perusahaan Anda. Ilustrasi ini memberikan gambaran pentingnya sebuah aplikasi yang mempunyai kemampuan dalam memberikan informasi ketersediaan barang dengan cara mencocokkan id barang yang ada di rak display dengan jumlah ketersediaan barang di gudang atau lokasi lain.

Sistem inipun mestinya dapat digunakan secara bergerak karena masing-masing tipe dan jenis barang berada pada lokasi yang berbeda-beda. Kenyataan umum, bahwa pada tempattempat perbelanjaan, sebagai contoh di Kri…